Cara Mengenal Batu Ginjal Staghorn, Akibat Kurang Minum Air Putih


Cara Mengenal Batu Ginjal Staghorn, Akibat Kurang Minum Air Putih

Batu ginjal (Nephrolithiasis) adalah penyakit ginjal karena pembentukan bahan keras yang menyerupai batu yang terdiri dari kristal dan matriks organik. Salah satu jenis batu ginjal berdasarkan lokasi dan bentuk batu tersebut adalah batu staghorn.

Batu staghorn adalah batu ginjal yang bentuknya seperti tanduk. Batu-batu ginjal ini memiliki cabang di pelvis renalis hingga sekitar dua atau lebih kalial ginjal, sehingga membentuk gambar seperti tanduk rusa. Ukuran batu ini tergantung pada ukuran ginjal.

Cara Mengenal Batu Ginjal Staghorn, Akibat Kurang Minum Air Putih


Umumnya, batu saluran kemih paling sering ditemukan oleh orang berusia 30 hingga 50 tahun. Penyakit ini umumnya lebih sering terjadi pada pria. Jumlah pasien pria adalah tiga kali lebih banyak daripada wanita. sbobet asia

Spesialis Urologi Ponco Birowo dalam Virtual Media Briefing mengatakan, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan batu ginjal tanduk rusa. Seperti faktor genetik, kekurangan air minum, sering mengonsumsi makanan tinggi garam, mengonsumsi lemak hewani seperti jeroan dalam jumlah banyak, obesitas, hingga kurangnya intensitas olahraga.

"Secara umum, pasien yang menderita batu ginjal tanduk rusa terjadi karena kekurangan cairan. Untuk itu, air minum sangat dianjurkan. Biasanya sekitar 2-2,5 liter per hari atau disesuaikan dengan berat dan aktivitas tubuh," kata dokter Ponco melalui video konferensi

Batu ginjal tanduk rusa sering muncul ketika batu-batu besar dan tersangkut di ginjal, pindah ke ureter, atau ketika infeksi terjadi. Kondisi ini menyebabkan nyeri hebat yang disebut nyeri kolik ginjal.

Jika Anda sudah pada tahap itu, biasanya pasien akan mengalami keluhan seperti nyeri pinggang, bisa kolik atau sakit non-kolik. Nyeri kolik terjadi karena aktivitas peristaltik sistem otot polos dari calises meningkat dalam upaya untuk menghilangkan batu dari saluran kemih.

Batu ginjal batu kijang dapat dilakukan dengan pengobatan terapi batu ginjal. Batu ginjal yang besar atau melebihi 6 mm akan sulit keluar atau menyebabkan perdarahan, kerusakan ginjal, dan infeksi saluran kemih, metode pengobatan berikut akan direkomendasikan: link sbobet

- Extrotorporeal shock wave lithotripsy (ESWL).

- Ureteroskopi fleksibel

- Nefrolitotomi perkutan (PCNL). Teknik pencitraan untuk tindakan PCNL Biasanya menggunakan X-Ray (fluoroscopy). Namun saat ini teknik pencitraan sedang dikembangkan tanpa X-Ray menggunakan ultrasound. Keuntungannya tanpa R Ray meminimalkan penggunaan radiasi, dapat memvisualisasikan struktur antara kulit dan ginjal, mencegah kerusakan organ-organ dalam tubuh.

- operasi terbuka. Bedah terbuka adalah prosedur yang jarang dilakukan, dan biasanya untuk batu ginjal yang sangat besar atau memiliki bentuk abnormal.

Operasi lain untuk mengatasi penyebabnya juga bisa dilakukan. Misalnya untuk batu ginjal yang disebabkan oleh kelenjar paratiroid yang terlalu aktif, dokter dapat merekomendasikan pengangkatan kelenjar paratiroid.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mengeluarkan Dahak yang Membandel di Tenggorokan secara Alami

Cara Mengatasi Hiperlaktasi Gejala Serta Penyebab

Bagaimana Menghadapi Cara Mencegah Skoliosis?